Social Media

Pameran Keliling l Jogja International Miniprint Biennal (JIMB)2016

Jogja International Miniprint Biennale (JIMB) 2016

October 24, 2016      Events, Exhibitions      Deca      no responses

Tagged with:



Opening Pameran

Kamis,20 Oktober 2016 | 19.00 WIB

Oleh Prof. Setiawan Sabana, MFA

Pameran Berlangsung 

20 – 30  Oktober 2016 (sabtu-miPameran Keliling l Jogja International Miniprint Biennal (JIMB)2016nggu libur) | 09.00 – 16.00 wib

 Pameran Keliling 2nd JIMB di Bandung

       Pameran di Galeri Soemardja, ITB, Bandung ini adalah pameran keliling kedua setelah pameran keliling pertama 2nd Jogja International Miniprint Biennale (JIMB) 2016 di Balai Soedjatmoko Solo tanggal 1-7 September 2016 yang lalu. Acara 2nd JIMB sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 24 Mei sampai 10 Juni 2016 bertempat di Sangkring Art Project, Nitiprayan, Yogyakarta.

      Mengangkat tema “HOMO HABILIS” yang menyuarakan keprihatinan juri atas hilangnya nilai-nilai craftmanship dalam karya-karya senirupa kontemporer dewasa ini, seyogyanya pameran dan kompetisi dua tahunan yang cenderung menekankan penerapan teknik konvensional seni grafis dalam ukuran matriks tidak lebih besar dari 20 x 20 cm ini berusaha menjawabnya. Ada 110 karya finalis dari 77 seniman asal 28 negara yang terpilih dalam bienal miniprint yang kedua ini dengan perimbangan 49 peserta datang dari manca negara (Australia, Austria, Argentina, Belgia, Brazil, Bulgaria, Finlandia, Hungaria, India, Irlandia, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Prancis, Peru, Polandia, , Kroasia, Malaysia, Meksiko, Montenegro, Russia, Serbia, Swedia, Ukraina, Inggris, Amerika Serikat) dan 28 peserta dari Indonesia sendiri. Jumlah ini merupakan seleksi dari 330 karya dari 147 seniman asal 30 negara yang mengirimkan aplikasinya ke panitia tepat pada waktunya. Dewan juri dengan ketua Agung Kurniawan dan anggota Sudjud Dartanto dan Andang Suprihadi selain memilih karya finalis juga telah memilih 5 orang pemenang yang kebetulan merupakan pegrafis luar negeri semua. Mereka terdiri dari 3 pemenang karya terbaik (Three Best Works) dan 2 pemenang karya terpilih atau Exellence Work.

       Jika pada pameran 2nd JIMB di Sangkring Art Project karya-kara pemenang dan finalis ini disertai karya-karya miniprint dari 5 seniman tamu ditambah penampilan karya spesial dalam format contemporary printmaking dari 7 seniman Indonesia maka dalam pameran keliling ini demi alasan praktis hanya disertai karya 5 seniman tamu. Para seniman tamu adalah: pegrafis berdedikasi tinggi Setiawan Sabana dan Yamyuli Dwi Imam dari Indonesia, penemu teknik Kitchen Litho Emilie Aizier dari Prancis, pemenang 1st JIMB Lidija Antanasijevic dari Serbia dan pegrafis berkelas internasional Art Werger dari Amerika Serikat. Diharapkan pameran karya pemenang dan finalis serta karya seniman tamu 2nd JIMB ini dapat memuaskan dan mengobati rasa penasaran pencinta seni grafis di kota Bandung dan sekitarnya mengingat ada sebagian peserta pameran kali ini berasal dari kota ini.

       Sebagai informasi rencananya di pertengahan tahun depan kami TERAS Print Studio dan TERAS Management akan memamerkan sejumlah karya lainnya dari ketiga pemenang 2nd JIMB kali ini dalam pameran “33 Prints” yaitu pameran bersama khusus buat 3 pemenang utama di setiap penyelenggaraan bienal. Bersamaan pameran tersebut untuk pertama kalinya TERAS Print Fair akan coba digulirkan dengan tujuan agar penggemar cetak grafis semakin banyak pilihan acara bermutu dan tetap semangat. Akhir kata kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Aminuddin TH Siregar, Galeri Soemardja dan staff yang mengatur acara ini. Tidak lupa terima kasih kepada Prof. Dr. Setiawan Sabana MFA dan Tisna Sanjaya yang membantu hingga pameran ini dapat terlaksana.

Salam hangat,

Galeri Soemardja

 

 



Comments are closed.