Social Media

Poster Haris Purnomo (Websharing)

Metafora Luka, Realisme, dan Fotografi | Pameran Tunggal Haris Purnomo

November 22, 2014      Events, Exhibitions, Upcoming, Workshops      madyn      no responses

Tagged with:



Metafora Luka, Realisme, dan Fotografi
 Pameran Tunggal Haris Purnomo
Sejak muncul dalam pameran PiPa (Kepribadian Apa), Gerakan Seni Rupa Baru di dekade 1970an, menyusul pameran proses pada pertengahan 1980-an,  nama Haris Purnomo sempat lama menghilang dari medan seni rupa tanahair. Di saat kemunculannya, Haris telah memperlihatkan minat yang kuat pada tema-tema identitas (nasionalisme). Dia juga menyasarkan perhatiannya secara kritis pada permasalahan akar kekerasan yang diidap generasi ke generasi. Semua itu direpresentasikannya melalui metafora rajah di tubuh bayi, baik dalam pose tunggal sedang merangkak, menggeliat, merengek, atau berpose dalam kerumunan. Bayi-bayi itu tidak menyadari rajah-rajah di sekujur tubuhnya.
Ketika dia kembali meramaikan ke kancah seni rupa kontemporer Indonesia tujuh tahun yang lalu, Haris Purnomo menuai tanggapan positif dari kalangan seni. Karyanya dipandang mewakili kecenderungan baru dalam realisme Indonesia sekaligus alternatif bagi karya-karya seni lukis yang politikal. Ia segera mengejar ketertinggalannya dari rekan sebaya maupun generasi seniman di bawahnya. Kita tahu bahwa generasi yang mulai muncul pada1980-an seperti Agus Suwage, Edi Harra, Arahmaiani atau Tisna Sanjaya sudah mulai meramaikan medan. Akan tetapi, Haris kemudian tidak mengalami kesukaran untuk menyesuaikan dirinya masuk kembali ke medan seni.
Pameran Haris di Galeri Soemardja ini membawa sejumlah persoalan: 1) Metafora luka dalam masyarakat Indonesia, 2) Realisme, dan 3) Fotografi. Semua itu meminta perhatian yang khusus, terutama apabila pameran ini dikaitkan dengan dunia pendidikan tinggi seni rupa. Untuk itu, selain pameran, Haris akan menggelar lokakarya untuk mahasiswa seputar teknik melukis realis melalui hasil cetakan foto di atas kanvas.
Pembukaan Pameran
Kamis, 27 November 2014 | 19.00 WIB
Pameran berlangsung sampai 13 Desember 2014
Dibuka oleh Jim Supangkat
Lokakarya Teknik Melukis Fotorealis untuk Mahasiswa
1 – 2 Desember 2014
Di Studio Seni Lukis – ITB
Tutor – Haris Purnomo
Diskusi Pameran Bersama Haris Purnomo dan Jim Supangkat
Rabu, 3 Desember 2014 | 13.30 WIB
Moderator – Aminudin TH Siregar
Pameran dan Diskusi terbuka untuk umum
 
Galeri Soemardja
Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Teknologi bandung
Jl. Ganesha 10
Bandung
+62 22 253 4242
Jam buka galeri
09.00 – 16.00 (Senin-Jum’at)
10.30 – 15.00 (Sabtu dan Minggu)



Comments are closed.