Social Media

Poster pri final

“Opini dan Legasi”: Wajah Kita dalam Gambar Priyanto S. – S. Prinka

February 18, 2014      Events, Exhibitions, Past      madyn      no responses

Tagged with:



Galeri Soemardja bekerjasama dengan Institut Kesenian Jakarta dan Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB mempersembahkan:

 “Opini dan Legasi”

Wajah Kita dalam Gambar Priyanto S. – S. Prinka

 

Pembukaan

Senin, 24 Februari 2014| Pukul. 19.30 WIB

 

Pameran berlangsung sampai dengan

13 Maret 2014

 

Pameran ini akan disertai dengan acara diskusi dengan tema:

“Kita di Antara Gambar Priyanto S. – S. Prinka”

(judul, waktu, dan pembicara akan diinformasikan kemudian)

 

Priyanto S. Dan S. Prinka, keduanya merintis eksistensi – apa yang kemudian kita kenal dengan sebutan kartun dan ilustrasi. Kontribusi siknifikan mereka bisa pula dilihat dalam pembentukan wajah media. Dan tak hanya itu, keduanya turut menajamkan bobot opini media tentang suatu yang berkenaan dengan isu sosial, politik, budaya yang berlangsung di tengah masyarakat Indonesia dengan simbolisme yang kuat tanpa mengabaikan nilai estetisnya.

 

Keduanya sulit dikotakkan ke dalam satu keprofesian, sebutlah itu seniman atau desainer. Alih-alih, karya-karya kedua lulusan Seni Rupa-ITB ini berhasil memancing perdebatan tentang batas-batas konvensional seni dan desain. Priyanto tak hanya mengeksplorasi desain. Ia juga menghasilkan lukisan, gambar dan menciptakan karya-karya dalam pendekatan konseptual. Sementara Prinka – yang terlibat penuh dalam perwajahan majalah mingguan Tempo – juga menciptakan karya-karya mandiri yang lekat dengan praktik seni rupa.

 

Pameran Opini dan Legasi: Wajah Kita dalam Gambar Priyanto-Prinka ini mengajak kita untuk melihat dan menikmati kembali hasil-hasil karya mereka semenjak akhir 1960-an hingga hari ini. Sebagian besar materi pameran dipetik dari “rubrik” mereka di Mingguan Tempo dan sebagian lainnya dipinjam dari arsip pribadi mereka.

 

Opini dan Legasi: Wajah Kita dalam Gambar Priyanto-Prinka tak hanya memperlihatkan bagaimana wajah kita sebagai orang Indonesia ditampilkan dan dijadikan sumber kreatifitas (opini), tetapi juga membangun suatu pengertian tentang karakter yang khas maupun pengaruh dari keduanya (legasi) dalam memperkaya khazanah gambar/kartun/ilustrasi di tanahair.

 

Pameran ini akhirnya membawa kita pada perjalanan waktu yang panjang tentang sosok Priyanto dan Prinka: kenakalan, keliaran, kreatifitas, opini dan legasi mereka dalam menyoroti proses demokrasi bangsa ini.

 

 

Galeri Soemardja

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Institut Teknologi bandung

Jl. Ganesha 10

Bandung

t. +62 22 253 4242, f. +62 22 253 4104

info@soemardjagallery.com

galerisoemardja.fsrd.itb.ac.id

 

Jam buka galeri

Senin – Jum’at

09.00 – 16.00

Sabtu dan Minggu

11.00 – 15.00 WIB

 



Comments are closed.