Social Media

Poster Lecture

On Video, Performance Art, & Installation

November 20, 2012      Discussions, Events, Past      madyn      no responses

Tagged with:



Jumat, 23 November 2012

14.00 WIB

 

Public Lecture:

“On Video, Performance Art, & Installation”

an artist talk by Victoria Cattoni & Izumi Ueda Yuu

Moderator: Heru Hikayat

terbuka untuk umum

 

Presentasi dan diskusi ini menampilkan dua orang seniman perempuan yang bekerja melintasi batasan-batasan tradisional ‘etnik’, ‘budaya’ dan ‘bangsa’. Mereka menjadikan praktik artistik sebagai jalan masuk untuk membicarakan berbagai persoalan aktual yang ada di dalam kehidupan masyarakat kontemporer.

Victoria Cattoni adalah seorang seniman dan peneliti independen kelahiran Australia, yang aktif menggarap proyek-proyek seni rupa dan media baru di Singapura, Indonesia, Malaysia dan Australia Utara.Lahir di Ingham, Queensland, Cattoni telah tinggal dan bekerja berpindah-pindah antara Hobart, Sydney,Darwin dan Melbourne, Australia. Ia menyelesaikan magisternya  di Charles Darwin University, Darwin,melalui riset tentang lintas-budaya tentang ‘Kebaya’ pada tahun 2004. Ia juga telah menyajikan karya-karyanya di sejumlah pameran dan festival internasional, antara lain di Finlandia, Lithuania dan Indonesia. Cattoni banyak memanfaatkan medium video, fotografi dan performans yang melibatkan interaksi dengan publik. Saat ini ia tinggal dan bekerja di Singapura.

Izumi Ueda Yuu lahir di Jepang, dan tinggal di Amerika Serikat sejak 1980 hingga 1990-an. Menyelesaikan pendidikan sebagai pematung di Maryland Institute College of Art, Amerika Serikat, saat ini ia tinggal di Singapura dan bekerja sebagai seniman dan pengajar di School of Art, Design& Media, Nanyang Technological University. Aktif berpameran secara internasional, karya-karya instalasi Ueda Yuu banyak memanfaatkan material-material yang unik, namun akrab dengan kehidupan sehari-hari. Keterlibatan dengan proses penciptaan dan karakter material bagi Ueda Yuu adalah caranya untuk menjelajahi persoalan-persoalan kemanusiaan. Salah satu proyek yang tengah ia garap saat ini berhubungan dengan monumen untuk korban Tsunami di Aceh, Indonesia, dan Tohoku, Jepang.

Program Kuliah Umum terselenggara atas kerjasama:

s.14, Videolab, Studio Intermedia & Galeri Soemardja FSRD ITB



Comments are closed.